Pertukaran Pelajar SMA – Bina Antarbudaya

Posting ini adalah refleksi pengalaman kami mengikuti pertukaran pelajar AFS di Belanda dan Italia. Bagi sahabat pembaca yang memiliki sanak saudara yang duduk kelas 1 SMA/sederajat dapat segera mendaftarkan diri mengikuti seleksi pertukaran pelajar AFS/YES Bina Antar Budaya dengan informasi berikut ini.

Mengapa alumni program pertukaran pelajar kelak mampu beradaptasi cepat dengan lingkungan/tantangan baru, berkomunikasi baik, bertindak terorganisasi, dan cakap membaca peluang serta lihai menjalin koneksi?

image

Karena dalam 1 tahun, mereka akan dihujani PERBEDAAN. Mereka tinggal bersama keluarga baru dan bersahabat dengan yang belum pernah dikenal sebelumnya, yang berbicara dalam bahasa berbeda, yang bertindak (berpendapat, berkendara, makan, mandi, bahkan BAB) dengan cara yang berbeda, yang meyakini iman yang berbeda, di tengah cuaca iklim, geografi, zona waktu yang berbeda.
image

Dan kunci sukses  menjalaninya adalah dengan menerima dan menyikapi berbagai PERBEDAAN itu dengan BIJAKSANA.

Temukan 1 tahun paling berpengaruh dalam hidupmu, berpetualang di belahan lain muka bumi, ketika kamu melampauinya, kamu akan menyadari bahwa hidupmu lebih kaya warna dan caramu memandang diri dan dunia takkan pernah lagi sama.

***

Pendaftaran untuk chapter Jogja dapat dilihat di sini: http://afsjogja.org/sending/seleksi/

DSC_0239

9 thoughts on “Pertukaran Pelajar SMA – Bina Antarbudaya

  1. kak rencana aku juga mau ikut afs/yes, tpi mau nana dlu nih. gimana dgn nasib sekolah kita di indo? mslnya kita prgi di kls 11, klo kita udh balik stlh 1 th, di sekolah kita udh langsung kls 12 jg atau ulang kls 11 nya?
    afs/yes itu scholarship kan kak?
    THANKS KAKKKK

    • Kita pergi setelah lulus kelas 11. Otomatis saat kembali tinggal melanjutkan kelas 12. Tidak ada alasan mengulang kelas 11. Kecuali yg ke Jepang,karema berangkat Maret. Kelas 11 nya belum lulus, jadi saat pulang masih jelas 11,tapi nyelesain yg 3 bulan belum selesai tadi.

      YES itu scholarship penuh. AFS scholarship bagi yang tidak mampu atau mampu sebagian.

    • Pendaftaran dilakukan saat kelas 10 dilanjutkan proses seleksi sekitar 2 bulan. Pengumuman tentang keberangkatan di akhir kelas 11.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s