Anies Baswedan di Mata Najwa

Saya ingin coba memunculkan fakta sekaligus menjaga asa rekan-rekan pendukung setia pemimpin yang paling mengerti cara membangun bangsa dan manusia. Ya, Mas Anies Baswedan. Kali ini cukup dari satu titik tolak observasi saja. Observasi pada kemunculan beliau pada acara Mata Najwa.

Siapa tidak tahu anchor cerdas nan jelita Najwa Shihab dengan acaranya Mata Najwa? Siapa pula yang bisa memungkiri setiap pembicara yang diundangnya adalah berkompeten atau justru mereka yang ingin dibongkar kebobrokannya. Terkait Mas Anies Baswedan, tentu kompetensi beliau yang selalu dimunculkannya. Baik ketika Mas Anies Baswedan menjadi pembicara tamu maupun pembicara utama.

Dari observasi saya, ada beberapa hal menarik yang bisa dicatat.

1. Dari seluruh episode Mata Najwa, saya belum menemukan narasumber yang diundang lebih sering dari Mas Anies Baswedan.

2. Mas Anies Baswedan umumnya diundang dalam kapasitasnya sebagai sosok yang dinilai inspiratif, berjiwa kepemimpinan muda, dan agen perubahan.

3. Empat kemunculan terakhir Mas Anies Baswedan di Mata Najwa bersamaan dengan upayanya memenuhi janji kemerdekaan sebagai peserta Konvensi Demokrat menuju pencapresan dirinya.

Singkat kata, secara tidak langsung Najwa Shihab menunjukkan sikap supportif pada kapasitas dan pencalonan Mas Anies Baswedan. Cocok, orang cerdas pilih yang cerdas.

Berikut ini beberapa episode Mata Najwa dengan kehadiran Mas Anies Baswedan dan sedikit catatan perjalanannya.

2012, Anies Baswedan di Kuda Hitam: Inilah pertama kali di media nama Mas Anies mulai disebut-sebut sebagai kandidat kuat capres

2013 Anies Baswedan di Agen Perubahan

2014, Januari, Anies Baswedan di Penebar Inspirasi dan Profilnya: Menarik di sini beliau duduk di tengah-tengah pembicara lain

2014, Februari, Anies Baswedan di Habibie Hari Ini: Menarik, usai Pak Habibie menolak seluruh capres usia >60, Najwa meminta komentar dari Mas Anies dan Pak Mahfud yang diperhatikan dengan seksama oleh Päk Habibie

2014, April, Anies Baswedan di INSIDE KPK: Menarik, di sini beliau “tampil” bersama Pak Mahfud MD

2014, April, Anies Baswedan di Mata Najwa on Stage: Menarik di sini beliau duduk di tengah dan kembali bersama Pak Mahfud MD

Apakah Anda memperhatikan rentetan perjalanannya? Menarik ya..

Semoga tautan video di atas memperkaya sumber inspirasi kita semua. Terlepas menang tidaknya Mas Anies Baswedan, Indonesia patut bersyukur masih memiliki sosok kompeten di bidang keahliannya seperti Najwa Shihab dan Anies Baswedan yang mahir mengartikulasikan gagasan mereka menjadi kontribusi untuk bangsa.

Salam Inspirasi!!!

 

Image

 

gambar oleh Beny Aditya, @benyadit

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s