Belajar Merantau dari Timnas Belanda

Untuk menjadi timnas yang disegani dan berprestasi, KNVB, PSSI nya Belanda tidak perlu memaksa para pemainnya bermain di Liga Belanda. Lihat saja di liga mana van Persie, Robben, van der Vaart bermain. Bahkan  piala dunia 2006 4 pelatih Belanda memngarsiteki 4 timnas berbeda, Australia, Korea Selatan, Trinidad and Tobago dan Belanda sendiri. Mereka berhasil menjaga prestasi tingkat dunia hanya dengan berkumpul sesekali sebagai sebuah timnas untuk melaksanakan kualifikasi piala dunia. Toh di masa pensiun sebagai pemain profesional, sebagian besar mereka akan pulang untuk belajar melatih mulai dari klub-klub kecil atau strata junior di negaranya.

Begitu juga Indonesia dalam membangun bangsa. Kita harus memahami bahwa sudah sewajarnya apabila banyak kaum intelektual dan profesionalnya menetap beberapa waktu di berbagai belahan dunia untuk mengembangkan diri. Katakan sebagian kecil tidak kembali, batas waktu dan geografi bukan penghalang absolut untuk mereka berkontribusi.

Berada di tanah orang beberapa waktu penting untuk mengizinkan individu berkembang dan menyiapkan diri sebelum benar-benar berkontribusi dalam skala besar.

Ibaratnya, ketika mobil mogok, sopir harus keluar dari mobil membenahi. Tidak selamanya berdiam di suatu tempat bermakna positif bagi tempat yang ditinggalinya. Begitu pula sebaliknya.

Karena hidup cuma sekali, berada di tempat yang tepat di saat yang tepat sangat menentukan. Jangan karena salah tentukan tempat, kita biarkan diri layu sebelum berkembang.

Adapun syarat tempat yang tepat itu adalah mampu menjaga kita tetap tumbuh secara intelektual, berkembang secara sosial-emosional, terpenuhi secara spiritual, syukur-syukur finansial.

2 thoughts on “Belajar Merantau dari Timnas Belanda

    • Katanya LPDP dulu ga ada kontrak. Sekarang ada ya..? Paradigma itulah, kembali segera setelah belajar yg kusesalkan, sebaiknya ilmunya perlu diuji dulu di tempat asal sebelum dibawa pulang. wah, ibarat belajar bikin pesawat, baru selesai 1 sayapnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s