It’s Easy to (Just) Win

Baru saja mengupdate profile pada salah satu sosial media. Tak sengaja terlihat kembali apa yang sudah dilalui. Tiba-tiba saya teringat akan pengalaman menyeleksi adik-adik SMA pada suatu program. Begitu mengen sebuah pesan seorang senior yang kami hormati saat itu, “kita tidak memilih anak yang sering juara, tapi memilih anak yang tahu apa yang ingin dia capai”.

“Caranya?”

“Mudah saja, lihat saja kompetisi-kompetisi yang ia ikuti. Adakah konektivitas? Seringkali orang tua di Indonesia memacu anaknya untuk menjadi juara. Apapun yang penting juara tanpa menyesuaikan potensi dan minat anak itu sebenarnya. Bahkan tanpa melihat konektivitas nilai-nilai antara suatu kejuaraan dengan kejuaraan lainnya apalagi cita-cita anaknya. Ketika dilepas, yang seperti ini cenderung akan memanfaatkan segala cara untuk sekedar menjadi juara. Bukan menjadi seseorang yang sesungguhnya diinginkannya dan akhirnya tidak tahu akan berkontribudi dalam hal apa.”

It’s easy to (just) win, pick the battle which with you can win. But to get what you dream, it takes determination, hard work and persistence.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s