Revolusi Mental a la Karolinska

Sekolah di Karolinska, setiap hari masuk lingkungan kampus, saya seperti memasuki wilayah ‘revolusi mental’.  Kelas bagi saya seperti sebuah mesin stroom otak. Sebelum masuk kelas, saya selalu mengira-ngira, setruman apalagi yang akan saya terima. Otak (mental) saya seperti disetrum secara simultan dari satu topik ke topik lain. Oleh mulai dari  kuliah yang inspirasional hingga sikap dosen yang begitu terbuka dan menghargai setiap gagasan atau sekedar interaksi dengan teman-teman.

Hari ini saya mendapat setruman jenis lain lewat mempelajari profil seorang kandidat Doktor bidang imunologi setelah mendapat referensi dari seorang kawan. Tentang kandidat doktor ini, beliau selain menjalani pendidikan PhD-nya, juga menjadi konsultan di sebuah organisasi internasional pendukung peningkatan kualitas kesehatan.

Dari daftar publikasinya ia tampak aktif dan menguasai bidangnya. Sampai di sini sekilas tidak ada yang terlalu istimewa. Yang membuat saya tertarik adalah kemiripan salah satu catatan pendidikan beliau dengan saya dalam hal sama-sama mengambil Master in Global Health di Karolinska dengan thesis tentang perkembangan Traditional Medicine di dunia.

Yang membuat saya tersetrum adalah ketika membaca lebih lanjut profilnya dan menemukan bahwa sebelum memulai kuliah di Swedia, ia mengajar bahasa Inggris setahun di Korea dan saya cukup terbelalak saat mengetahui profesi asli di negara asalnya karena ia adalah seorang..  PILOT!

Yes, indeed, the Sky is his limit.. let’s make it ours too!

Leave a Reply

